Telan Korban Jiwa, Damkar Jinakan 3 Sarang Tawon Vespa di Pakijangan

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Tanjung saat menjinakan sarang Tawon Vespa di Desa Pakijangan /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Akibat memakan korban jiwa, Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Tanjung Kabupaten Brebes, melakukan perburuan sarang tawon yang tumbuh di pepohonan di kompleks pemakaman umum Desa Pakijangan Kecamatan Bukakamba, Minggu (05/12) malam.

Ini dilakukan karena adanya warga setempat, Kasum (72), yang juga sebagai juru kunci makam meninggal dunia setelah beberapa jam usai tersengat tawon jenis Vespa. saat korban tengah membersihkan makam didesanya, pada Sabtu (04/12) kemarin.

Kepala Damkar Pos Tanjung, Sentot Adi Wahyudin, mengatakan jika petugas Damkar, berhasil menjinakkan  3 sarang tawon yang berada di atas pohon.

“Ada 3 sarang tawon jenis vespa yang kami temukan, 2 berada di kompleks makam, dan satunya berada di dekat pemukiman warga,” ujar Kepala Damkar Pos Tanjung ini

Petugas sengaja menjinakan  sarang-sarang tawon jenis Vespa Affinis ini, karena keberadaannya meresahkan warga, Apalagi tawon jenis Vespa Affinis sangat berbahaya dan bisa mematikan manusia jika tersengat.

“Kami terlebih dulu menyemprotkan sarang tawon dengan obat-obatan beracun yang mematikan, setelah berhasil dijinakan dan dievakuasi ke bawah untuk dibakar,” ungkap Kepala Damkar Pos Tanjung.

Baca Juga: Juru Kunci Makam Pakijangan Tewas Tersengat Tawon Vespa

Petugas Pemadam Kebakaran menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan jika dilingkungan sekitar ditemukan sarang tawon.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan ke petugas kami, jika ditemukan sarang tawon, apalagi yang bisa mematikan seperti tawon jenis vespa Affinis,” pungkas Kepala Damkar pos Tanjung, Sentot Adi Wahyudin.***

Baca juga: Juru Kunci Situs Petilasan Nyi Mas Gandasari Tewas Tertimpa Pohon Tumbang

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *