Terkumpul 2 Ton Sampah di Pesisir Kesenden, Hasil Sinergitas PMI Kota Cirebon Bersama Pemerintah Daerah

ARAHPANTURA, CIREBON, — Setelah terekspos kondisi pesisir yang dipenuhi sampah rumah tangga, para relawan PMI Kota Cirebon dan belasan komunitas bahu membahu berupaya membersihkan sampah di pesisir pantai di Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Hasilnya sekitar 2 ton sampah berhasil terkumpul, sampah tersebut termasuk kedalam jenis sampah rumah tangga mulai dari plastik, pampers, pakaian bekas, masker, dan masih banyak lagi.

Ketua KSR Markas PMI Kota Cirebon Edi Sunardi menjelaskan, upaya peduli lingkungan adalah inisiatif anggota TSR dan KSR PMI Kota Cirebon, namun saat pelaksaan dia tidak menduga antusias dari komunitas lain sangat tinggi untuk ikut membantu membersihkan pesisir Pantai Kesenden.

“Walaupun tidak bersih seutuhnya setidaknya bisa mengurangi volume sampah yang berada disekitar pesisir Kesenden,” ujarnya.

Edi menjelaskan, kegiatan peduli lingkungan seperti ini diharap bisa menjadi contoh untuk komunitas lainnya, ia juga meminta masyarakat ikut sadar terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Semoga kedepan bisa dilanjutkan oleh masyarakat Kota Cirebon, kegiatan ini diikuti oleh pencak silat, taekwondo, dan yang lain, semoga kegiatan bersih-bersih ini bisa diikuti oleh yang lain,” katanya.

Baca Juga :Kenapa Sungai Cikalong Kota Cirebon Rawan Banjir Saat Musim Hujan? Ini Alasannya!

Dari 120 peserta yang mengikuti aksi sosial bersih-bersih sampah di Pesisir Kesenden, 60 peserta adalah anggota PMI Kota Cirebon terdiri dari KSR setiap Universitas di Kota Cirebon.

Sementara itu, masih ditempat yang sama Lurah Kesenden, Ruliyanto, mendukung kegiatan bersih-bersih sampah di lingkungan pemerintahannya, dengan menyediakan truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon dan menyediakan 100 trushbag untuk mengangkut sampah tersebut.

“Setidaknya ini menjadi momentum atau langkah awal, dari kami dan seluruh masyarakat, kami harap kedepan banyak aksi dan instansi yang memiliki kewenangan tersebut persoalan sampah diwilayah Kesenden bisa diatasi,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan aksi bersih-bersih lingkungan di pesisir Pantai Kesenden adalah pertama dilakukan, dan digalakan oleh para relawan PMI Kota Cirebon.*

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *