Terpilih Jadi Pilot Layanan Telemedicine, Puskesmas Bumiayu Akan Melakukan Ini

Kepala Puskesmas Bumiayu, dr. Ali Budiarto saat menghadiri Kemenkes melakukan MOU on Telemedicine & Biotechnology Iran dengan PT. Indofarma Tbk. Di Hotel Nusa Bali. /ist
ARAH PANTURA, BREBES – Kementerian Kesehatan RI, yang sebelumnya melakukan ujicoba layanan telemedicine di wilayah DKI Jakarta. Kini layanan telemedicine diperluas jangkauan penggunaannya ke Jawa, Bali dan daerah lainnya di Indonesia.
Untuk Wilayah Jawa Tengah, salah satunya yang terpilih menjadi pilot project layanan telemedicine oleh Kemenkes RI adalah Puskesmas Bumiayu, Kabupaten Brebes.
Hal ini saat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan MOU on Telemedicine & Biotechnology Iran dengan PT. Indofarma Tbk. Di Hotel Nusa Bali, pada Jumat pekan lalu.
Menurut Kepala Puskesmas Bumiayu, dr. Ali Budiarto, Sabtu (04/12) pagi, menjelaskan jika dirinya merasa bangga dan berterima kasih atas kepercayaan Puskesmas Bumiayu masuk 10 besar yang akan dijadikan pilot project telemedicine di Indonesia.
“Atas kepercayaan yang diberikan kami berharap bisa berjalan lancar dengan dukungan juga oleh Pemerintah Kabupaten Brebes,” ujar Kepala Puskesmas Bumiayu.
Kepala Puskesmas Bumiayu ini juga menambahkan kepada Puskesmas di Indonesia yang menjadi pilot project telemedicine, Kementerian Kesehatan
meminta dengan perkembangan teknologi dan ilmu kedokteran, maka dibutuhkan peran tenaga medis yang berkualitas, paham teknologi kedokteran sera menyiapkan fasilitas peralatan yang cangih dalam membantu ke gawat daruratan pasien.
“Maka untuk mensukseskan pilot project itu,  petugas medis dari Puskesmas Bumiayu akan melakukan pelatihan dan pendampingan oleh Rumah Sakit utama di Jawa Tengah yaitu RSUP Kariadi Semarang, serta akan mendapatkan hibah bantuan peralatan dari  Biotechnology iran melaui PT Indofarma Tbk ,” pungkas Kepala Puskesmas Bumiayu, dr. Ali Budiarto.
Sementara Telemedicine sendiri merupakan pemakaian telekomunikasi, untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Aplikasi telemedicine saat ini, menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi antara fasilitas-fasilitas kesehatan dengan memakai peralatan video conference.***
Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *