Timnas Indonesia Batal Main di Ajang AFF U-23 Karena Pemain Terpapar Covid-19, Ini Tanggapan Menpora

ARAH PANTURA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memberikan respon terkait pembatalan keikutsertaan Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 akibat ketujuh pemainnya dinyatakan positif Covid-19.

Adapun Zainudin Amali memaklumi keputusan tersebut dan mengatakan bahwa kesehatan para pemain menjadi prioritas utama untuk saat ini karena kejadian seperti itu dianggap hal diluar kehendak baik pelatih, federasi maupun pemerintah.

“Kita tidak boleh memaksakan diri di tengah situasi seperti ini. Itu adalah kejadian di luar kehendak pelatih, federasi, apalagi pemerintah,” kata Menpora Amali dikutip dari laman resmi pada Jum’at, 11 Februari 2022.

Zainudin juga mengharapkan agar pihak PSSI fokus untuk penyembuhan para pemain terlebih dahulu.

“Saya berharap supaya PSSI bisa fokus untuk penyembuhan para pemain yang terpapar,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Zainudin juga menyampaikan bahwa para atlet pasti akan memiliki proses kesembuhan yang cepat karena mereka mempunyai kebugaran fisik yang bagus serta para atlet juga sudah melakukan vaksinasi.

“Seperti ketika PON XX di Papua yang lalu, walaupun banyak atlet yang terpapar tapi recoverynya cepat. Karena para atlet sesunguhnya punya kebugaran fisik yang bagus. Apalagi mereka semuanya sudah divaksin. Semoga kondisi mereka segera pulih,” ungkapnya.

Semantara itu, pembatalan Timnas Indonesia U-23 di ajang AFF U-23 sendiri berawal dari adanya tujuh pemain dan satu staf official yang terkonfirmais positif Covid-19.

Dari ketujuh pemain tersebut diantaranya ada Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani dan Cahya Supriyadi.

BACA JUGA :  Persab Brebes Siap Tampil di Liga 3 Jateng, Targetnya Lolos Liga 2 Nasional

Selain itu, ada empat pemain yang menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan mereka yang terpapar covid-19.

Pemain yang menunggu masa inkubasi tersebut diantaranya ada Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Sedangkan para pemain yang mengalami cedera ada tiga orang yaitu Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Akibatnya hanya tersisa satu orang kipper dari Timnas Indonesia yaitu Muhammad Riyandi. Sehingga para pemain TImnas Indonesia U-23 dianggap tidak bisa mengikuti pertandingan di ajang piala AFF U-23.***

(adn)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.