Tipu TKI Mantan Istri Sirihnya,  Pria di Brebes Mendekam di Tahanan

Tersangka M.Yusuf Sudarsono saat dimintai keterangan Kapolres Brebes. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Seorang pria di Brebes, M Yusuf Sudarsono (41) warga Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari Brebes Harus mendekam ditahan sel Mapolres Brebes, karena melakukan penipuan dan penggelapan uang terhadap Nur Yuliati (32) warga Gebang Cirebon, Jawa Barat.

Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto, Kamis, (30/12) siang, mengatakan, pengungkapan kasus bermula di Juli 2020 lalu. Korban Nur Yuliati saat itu tengah pulang cuti dari Taiwan dan singgah di Fave Hotel Cikarang.

Pelaku Yusuf Sudarsono kemudian menjemput korban dan membawa ke sebuah hotel di Kecamatan Jatibarang Brebes. Kemudian Yusuf meminta uang Rp.2 milyar untuk modal bisnis sembako dan hasil bumi.

“Pulang dari Taiwan, korban dimintai uang oleh tersangka untuk modal usaha sembako dan hasil bumi. Uang itu katanya mau dikembalikan , sehingga korban diberikan Rp.2 milyar melalui transfer bank. Korban dijanjikan akan mendapat keuntungan dari bisnis ini,” ujar Kapolres Brebes.

Baca juga: Resmob Satreskrim Polres Brebes, Ungkap Puluhan Kasus Kejahatan Menonjol Selama Tahun 2021

Tidak lama kemudian korban bersama tersangka melangsungkan nikah siri di hotel tersebut. Beberapa hari berikutnya pada 21 Juli 2020 tersangka meminta lagi uang sebesar Rp 1 milyar dengan alasan untuk tambahan modal usaha. Uang itu diserahkan melalui transfer.

“Keduanya antara pelaku sama korban menikah dan setelah menikah pelaku minta uang lagi sebesar Rp.1 milyar. Jadi total uang yang diserahkan Rp.3 milyar,” ungkap Kapolre Brebes.

Hingga waktu yang dijanjikan yakni 5 Agustus 2020 uang pinjaman itu tidak dikembalikan. Pasangan nikah siri ini pun memutuskan untuk bercerai. Selanjutnya, Yuliati melaporkan masalah ini ke Mapolres Brebes.

“Yusuf ditahan karena dilaporkan oleh NY karena merasa ditipu,” tandasnya.

Akibat perbuatannya itu, Yusuf dikenakan pasal 378 tentang penipuan dan 372 tentang penggelapan. Ancaman hukuman dua pasal itu 4 tahun penjara.

Sementara tersangka Yusuf Sudarsono mengatakan, uang yang dipinjam dari Yuliati dipakai untuk membeli tanah di Desa Cimohong Bulakamba. Tanah itu dipakai untuk investasi salah satu perusahaan.

“Uangnya untuk membeli tanah di Desa Cimohong. Tersangka juga mengakui telah menikah siri.

“Saya memang pernah menikahi dia dan uang pinjaman dadi dia digunakan untuk bisa bisnis. Dirinya juga sebenarnya akan mengembalikan uangnya namun keburu kasusnya dilaporkan ke polisi,” pungkasnya.***

Baca juga: 6000 Botol Miras Berbagai Merek Hasil Razia, Dimusnahkan

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *