TKW Asal Indramayu Kirim Video Kepada Presiden Jokowi, Isinya Bikin Nelangsa

ARAHPANTURA, INDRAMAYU – Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Indramayu membuat video meminta pertolongan Presiden Jokowi untuk membantunya.

Video yang dibuat TKW bernama Rokaya (40 tahun) ini menarik perhatian publik karena meminta Presiden untuk membantu memulangkannya dari Irak.

Dalam video singkat berdurasi 1 menit 49 detik itu, Rokaya awalnya memperkenalkan dirinya dan menjelaskan tentang rasa sakit yang sedang dideritanya.

Rokaya mengaku menderita sakit pada bagian leher dan mata. Rokaya juga sempat menunjukkan bagian punggungnya sambil mengeluhkan rasa sakit. Bahkan, Rokaya mengaku rutin mengosumsi obat pereda sakit kepala setiap harinya.

Namun, majikannya tak mengizinkan Rokaya pulang. Sebab dalam potongan video itu, Rokaya mengaku ditebus dengan harga mahal. Rokaya meminta Presiden Jokowi untuk bisa memulangkannya.

BACA JUGA: Bandar Besar Obat Keras Terlarang di Pantura Ditangkap Polres Indramayu

SBMI memperjuangkan kepulangan Rokaya. SBMI Indramayu mengaku telah berkoordinasi dan menyampaikan aduan kepada Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Ketenagakerjaan.

“Ya termasuk Bupati Indramayu dan BP2MI. Kita sudah mengadu ke pemerintah daerah dan pusat,” kata Ketua SBMI Kabupaten Indramayu Juwarih, Minggu (26/9).

Lebih lanjut, Juwarih mengatakan Rokaya merupakan TKI asal Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu. Rokaya mulai bekerja di wilayah Erbil, Irak pada 10 Januari 2021.

“Kondisi PMI (pekerja migran Indonesia) saat ini sedang sakit-sakitan, bagian kepala, leher ada benjolan serta selaput mata membengkak. Namun majikan tetap terus mempekerjakan tanpa membawanya berobat ke dokter, hanya diberi obat-obatan biasa. Selain itu PMI sering dipekerjakan di rumah saudaranya majikan,” kata Juwarih.

Ia menduga Rokaya merupakan korban tindak perdagangan orang. “Dia diberangkatkan di saat pandemi. Indikasinya unprosedural dan korban TPPO,” kata Juwarih.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *