Tokoh dan Akademisi Kembali Gaungkan Pembentukan Provinsi Cirebon

ARAHPANTURA – Pembentukan Provinsi Cirebon kembali digaungkan sejumlah tokoh masyarakat dan akademisi yang tergabung dalam Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon Raya (KP3C).

Menurut Ketua Umum KP3C, Kurniawan Bahtiar, Provinsi Cirebon Raya ini meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan atau Ciayumajakuning.

“Wilayah Ciayumajakuning sudah layak untuk mandiri dan menjadi DOB (Daerah Otonomi), Potensi sumber daya alam dan manusianya sangat luar biasa,” Ujar Kurniawan Bahtiar usai pembentukan KP3C, Senin (27/9).

Pihaknya juga meminta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memperhatikan aspirasi masyarakat di Cirebon Raya.

“(Gubernur) Mari berdialog. Tentu ini sebagai upaya agar mempermudah percepatan berdirinya Provinsi Cirebon Raya,” kata Kurniawan Bahtiar.

BACA JUGA: Karawang Cirebon Gangguan Listrik, PLN Terus Upayakan Perbaikan

KP3C menargetkan Provinsi Cirebon Raya bisa berdiri 2 tahun mendatang. Ia berharap pemerintah bisa mencabut moratorium pemekaran daerah. Kurniawan Bahtiar juga mengaku siap untuk berdialog dengan DPRD Jabar dan DPR RI.

“Tentu kami menempuh cara yang sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014. Ini perjuangan aspirasi masyarakat rasional, konstitusional bukan emosional, yang memberi nilai aspek PAD dan delapan aspek saptagatra,” kata Kurniawan Bahtiar.

KP3C mengaku telah melakukan kajian terkait PAD, sumber daya alam dan manusia. Termasuk aspek ekonomi di Cirebon Raya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPR-RI Periode 2019-2024 Maman Imanulhaq dan Anggota DPD RI Eni Sumarni.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *