Waduk Malahayu Bakal Dipercantik Dengan Ini

Brebes : Waduk Malahayu di Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes /ist

ARAH PANTURA, BREBES – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung (Cimancis) bakal melakukan penataan di Waduk Malahayu pada Tahun Anggaran (TA) 2021 ini. Penataan Waduk Malahayu, di Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes tersebut, bertujuan untuk menjaga keamanan bendungan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes, Moh. Zuhdan Fanani, Kamis (18/11) malam, menyebutkan jika Satuan Kerja (Satker) Operasi dan Pemeliharaan BBWS Cimanuk Cisanggarung dalam rapat soal penataan Waduk Malahayu dengan Pemkab Brebes, beberapa waktu lalu akan melakukan penataan Bendung Waduk Malahayu.

‘Kami dari Perikanan Brebes menyambut baik, karena selain BBWS Cimancis akan menata Bendung Waduk Malahayu sesuai fungsinya. BBWS Cimancis dalam rapat yang digelar itu, juga rencana akan membangun dermaga bagi nelayan yang menjadi binaan kami,” tutur Kadin Perikanan Brebes tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Brebes itu juga menambahkan jika adanya dermaga akan mempermudah nelayan di Waduk Malahayu dalam aktifitasnya dan disekitar lokasi akan juga terlihat cantik.

“Selain mempermudah nelayan setempat, akan mempermudah kinerja dari Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) sebagai binaan kami dalam mengawasi aktivftas nelayan, jelas Kadin Perikanan Brebes Moh. Zuhdan Fanani

Baca juga : Ada 93 Titik Tanggul Rawan Jebol di Wilayah Brebes Barat Paling Diwaspadai Sungai ini

 
Ada 93 Titik Tanggul Rawan Jebol di Wilayah Brebes Barat Paling Diwaspadai Sungai ini

Kepala Bidang (Kabid) Irigasi Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Kabupaten Brebes Anna Dwi Rahayuninh Rizky, Kamis (18/11) menjelaskan jika penataan tersebut merupakan program dari satuan kerja operasi dan pemeliharaan BBWS Cimancis.

“Tujuan penataan Waduk Malahayu ini untuk pemeliharaan bendungan,” ujar Kabid Irigasi DPSAPR tersebut.

Bahkan, unruk penataan Bendungan di Waduk Malahayu, rencananya akan ada relokasi pedagang yang berada di area terbatas ke area lahan lainnya yang berada di kompleks Waduk Malahayu.

“Rencananya pedagang di sekitar area terbatas, akan dipindahkan ke lahan lainnya, sehingga tempat tersebut bisa menjaga keamanan disekitar areal bendungan,” tegas Kabid Irigasi DPSAPR Anna Dwi Rahayuning Rizky.

Dijelaskannya, dengan penataan ini nantinya para pedagang bisa ditetapkan melalui Surat Keputusan. Dengan harapan, nantinya jumlah atau angka para pedagang di Waduk Malahayu tidak berubah.

“Lahan rencana relokasi ini merupakan aset dari dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah. Jadi lahannya sudah ada di Waduk Malahayu dan telah disurvei serta telah dilakukan desain oleh konsultan yang nantinya akan dilaporkan ke Bank Dunia,” pungkasnya.***

Baca juga : Dangkal dan Cegah Rob di Desa Randusanga Kulon. Sungai Sigeleng Akan Dilakukan Ini

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *