Warga Transgender Mau Membuat E-KTP, Syaratnya Mudah

ARAHPANTURA, CIREBON, — Puluhan warga transgender di Kota Cirebon difasilitasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, dalam pelayanan pembuatan dan penggantian identitas E-KTP. Hal ini menjadi kemudahan bagi warga transgender agar tidak ragu dan segan, khususnya bagi warga pendatang untuk segera memperbaharui data kependudukannya.

Bagi warga Kota Cirebon yang belum memiliki E-KTP bisa langsung melakukan perekaman. Sementara, bagi warga pendatang bisa dibuatkan Surat Keterangan Penduduk Non Permanen yang berlaku selama satu tahun.

Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh, menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum warga transgender mendatangi kantor Disdukcapil untuk dilakukan pembaruan

“Sebetulnya kita menyarankan untuk tidak ganti foto tapi kalau mau ganti foto ya kita fasilitasi, bisa mengganti jenis kelamin asal mengikuti prosedur yaitu ada surat kesehatan dan surat penetapan pengadilan, tentang perubahan jenis kelamin,” katanya

Baca Juga: Disdukcapil Kota Cirebon Terima 70 Pengajuan Pembaruan Data Transgender

Dengan membawa surat hasil kesehatan dan surat penetapan pengadilan tentang perubahan jenis kelamin, Rahmat menambahkan maka identitas gender bisa diubah, tidak ada jenis gender “waria” maka perubahan yang dilakukan adalah laki-laki atau perempuan.

“Kalau sudah memenuhi, maka bisa dirubah semua datanya, hanya mengubah identitas saja, foto dan alamat, kecuali nama,” tuturnya.

Perubahan lain setelah dilakukan pencatatan penduduk oleh Disdukcapil Kota Cirebon, warga transgender tidak disarankan mengubah nama, nama yang tertera disesuaikan dengan akta kelahiran.

Warga transgender juga perlu membawa sejumlah berkas lainnya, seperti KTP terdahulu, Kartu Keluarga (KK), dan dokumen kependudukan yang dimiliki.

Setelah berhasil diperbarui, warga transgender bisa memiliki KK dan E-KTP, maka kaum transgender akan mudah mendapatkan pelayanan publik, seperti BPJS, SIM, bantuan sosial, membuka rekening bank dan lain-lain.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *