Waspada Dampak La Nina! Ini Penjelasan BMKG

ARAHPANTURA – Nilai Anomali iklim global di Samudra Pasifik saat ini telah melewati ambang batas La Nina yakni mencapai -0.61°C. Ambang batas kategori La Nina hanya -0.5°C. Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Senin (18/9).

“Saya ulangi sebesar -0.61°C pada dasarian ke satu bulan Oktober 2021, artinya pada 10 hari pertama di bulan Oktober 2021,” ungkapnya.

Dwikorita memprediksi La Nina kali ini terjadi hingga Februari 2022. La Nina diperkirakan akan berlangsung dengan intensitas lemah hingga sedang seperti tahun 2020.

“Namun, tentunya berbagai perkembangan terus kami monitor dan akan segera kami informasikan,” sambungnya.

Baca Juga : Dituduh Cemari Saluran Air, Hasil Pengecekan Petugas ke Pabrik Rajungan Bikin Melongo

Dia meminta semua pihak segera mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi datangnya La Nina. Belajar dari kejadian La Nina tahun 2020, curah hujan mengalami peningkatan pada bulan November, Desember, dan Januari.

Terutama di wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali, NTT, Kalimantan bagian selatan, dan Sulawesi bagian selatan. Peningkatan curah hujan bulanan berkisar antara 20 hingga 70 persen di atas normal.

“La Nina tahun ini diprediksi memiliki dampak yang relatif sama dengan tahun lalu yang diikuti dengan berbagai bencana hidrometeorologi secara sporadis di berbagai wilayah terdampak,” jelasnya.

Dwikorita mengingatkan langkah kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap La Nina perlu dipersiapkan sejak dini. Hal ini untuk mengantisipasi banyaknya korban dampak bencana hidrometeorologi akibat La Nina.

“Dengan adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim hujan tersebut, sekali lagi maka kami meminta untuk seluruh pihak perlu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi lanjut dari curah hujan tinggi yang dapat memicu bencana hidrometeorologi,” pesannya.

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *