Wow, Pohon Cypress Raksasa di Tibet Jadi Pohon Tertinggi di Asia

ARAH PANTURA – Sebatang pohon cypress raksasa setinggi 102,3 meter ditemukan di Daerah Otonom Tibet.

Dengan penemuan pohon ini oleh tim peneliti China memecahkan rekor pohon tertinggi di Asia.

Pohon Cupressus torulosa yang memecahkan rekor itu ditemukan di cagar alam nasional Ngarai Besar Yarlung Zangbo di wilayah Bome, Kota Nyingchi, dalam sebuah investigasi ilmiah yang dipimpin oleh Universitas Peking pada Mei.

Dikutip antara, para anggota tim tersebut menggunakan drone dan radar laser untuk memetakan area agregasi cypress setempat dan mengonfirmasi keberadaan pohon setinggi 102,3 meter itu.

Selain itu, mereka juga mendeteksi sejumlah besar pohon dengan tinggi lebih dari 85 meter, termasuk 25 pohon yang tingginya melebihi 90 meter.

Temuan ini juga berkontribusi terhadap fakta bahwa daerah itu memiliki tingkat kepadatan pohon raksasa tertinggi di China dan Asia setelah pengukuran presisi, kata Ren Yu, anggota tim dari Universitas Peking.

Sebagian besar tersebar di area tenggara Tibet, Cupressus torulosa memiliki area distribusi yang sempit dan populasi yang kecil.

Pohon cypress raksasa itu tercatat sebagai tanaman dengan perlindungan kelas satu tingkat nasional.

Pemegang rekor pohon tertinggi di China sebelumnya adalah sebatang pohon fir yang menurut pengukuran para ilmuwan di Tibet tahun lalu memiliki tinggi 83,4 meter.

(ard/ant)

Spread the love

BACA JUGA :  KAI Go Green, Program Penanaman 365 Pohon Oleh Daop 3 Cirebon

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *